Ipincaem - Beberapa bulan ini kita dihadapkan dengan Pandemi yang memporak porandakan berbagai sektor industri. Virus Corona Covid-19 mampu membuat dunia kebingungan dibuatnya. Berbagai industri besar yang sudah dibangun puluhan tahun pun akhirnya harus rela bertumbangan.
Namun dibalik musibah yang menghantam para kerjaan bisnis di berbagai sektor, ada beberapa usaha / bisnis yang malah cuan di kala pandemi ini. Salah satunya adalah bisnis sektor online trade / bisnis online.

Kebijakan tentang #DirumahAja membuat orang untuk tidak bisa bebas bergerak belanja ke pasar maupun tempat keramaian lainnya. Disitulah banyak masyarakat yang mulai melek tentang belanja online.

Ada banyak ukm maupun bisnis menengah ke atas yang hijrah untuk berjualan online. Namun meski begitu, mereka masih kalah dengan yang sudah lama berpengalaman di bidang jual beli secara online.

Tak sampai disitu, banyak pula pekerjaan yang harus dilakukan di rumah selama pandemi ini. Kampanye #WorkFromHome atau bekerja dari rumah menjadi trend akhir-akhir ini. Banyak pekerja yang mendadak menjadi bekerja secara online di rumah masing-masing.

Dampak negative nya banyak terjadi ketimpangan di berbagai sektor usaha. Ada beberapa usaha yang harus menelan pil pahit penurunan omset. Dilain sisi ada beberapa usaha yang menikmati manisnya omset yang melimpah efek dari kampanye #DirumahAja.

Tak ketinggalan adalah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang berfokus pada bidang usaha bisnis jualan online. Mereka mengalami peningkatan omset yang signifikan berkah adanya pandemi ini. 

Disaat semua masyarakat tak bisa keluar rumah, disaat itulah mereka terpaksa untuk berbelanja secara online. 

Trend inilah yang membuat UMKM meraup cuan yang besar disaat usaha besar lainnya bertumbangan sampai melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) besar-besaran.

0Komentar

Sebelumnya Ini adalah postingan terakhir